Kisah Mufti Tarim

Setetes Dari Lautan Kepribadian Mufti Tarim 

Al-Allamah Ad-Da'iyah Al-Mufti Al-Habib Ali Masyhur bin Muhammad bin Salim bin Hafidz bin Syekh Abubakar bin Salim. Beliau adalah seorang Mufti besar di Tarim Hadramaut di zaman ini, gelar Mufti bukanlah gelar pejabat pemerintahan. Gelar tersebut adalah martabat yang sangat tinggi di kalangan ulama' yang telah menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan yang meluas.
Beliau adalah salah satu guru besar para ulama' Hadramaut dizaman ini.

Jika seseorang melihat keadaan dan kesederhanaan beliau maka tidak akan percaya dengan martabat beliau, menghargai semua kalangan tanpa pandang bulu dan memberikan kepada semua hak dan martabatnya. Besar, kecil, tua, muda, orang soleh, orang bejat, ulama', penuntut ilmu, tanpa pandang bulu beliau menghormati dan menyayangi semua kalangan dan lapisan.

Beliau tidak mengenal lelah dalam berda'wah dan mengajar. Hari-hari beliau dipenuhi untuk menghadiri majlis-majlis ilmu, dzikir, memecahkan masalah masalah ummat dan banyak majlis-majlis kher (kebaikan). Seluruh waktunya dari sejak kecil hingga saat ini hanyalah untuk mengabdi kepada Allah. Keluarga beliaupun tidak mengetahui kapan waktu istirahat beliau. 

Beliau Seorang hamba yang dekat dengan Sang Kholiq. Kepedulian beliau kepada ummat yang sangat besar tidak pernah dapat digambarkan, setiap yang melihat wajah beliau pastinya akan meneteskan air mata dan akan memahami bahwa dihadapannya adalah samudra yang luas dan gunung besar yang sangat kokoh.

Beliau adalah mesin yang menjalankan roda kehidupan dan peribadatan serta kegiatan yang dibangun oleh para salaf solihin di seluruh kota Tarim dan sekitarnya.

Cukup bagi beliau memiliki seorang adik dan murid utama beliau yang bisa membantu da'wah keberbagai penjuru dunia yaitu Al-Habib Umar bin Hafidz.

Al-Habib Ali Masyhur selalu mengatakan, "Selalulah merasa kurang dalam membantu Rasulullah dan ummatnya, sehingga kau sampai kederajat yang tinggi. Jika kau selalu merasa sudah cukup banyak membantu Rasulullah dan ummatnya maka kau tidak akan menemui derajat yang tinggi."

Ini sekilas dari kehidupan beliau, jika kita ingin menulis riwayat kehidupan beliau maka tak cukup waktu dan umur kita untuk menulisnya.

Mufti Tarim

Semoga kita bisa mencontoh kehidupan seorang yang mencontoh kehidupan Rasulullah sollallahu alaihi wasallam. Amiiin...

يالله بالتوفيق حتى نفيق ونلحق الفريق

Mudah mudahan kita mendapat taufiq sehingga kita bisa di golongkan dengan orang-orang sholeh...
Aamiin...

Di ceritakan:
Syd.Usamah bin Zaed BSA
(Khodim Mufti Tarim)

0 Response to "Kisah Mufti Tarim"